Ada Aksi 299, Wiranto Gelar Pertemuan dengan BEM Jabodetabek

Menko Polhukam

IsuPublik.Com, Jakarta – Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto direncanakan akan mengundang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh kampus dari Jakarta Bogor Depok Tangeran Bekasi (Jabodetabek).

Pertemuan antara Wiranto dan perwakilan BEM itu akan berlangsung di ruang rapat Nakula, kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan besok, Jumat 29 September 2017. Undangan tersebut untuk membahas isu-isu kekinian yang terjadi di Negara ini.

“Katanya mau diskusikan isu terkini” ujar ketua BEM Universitas Indonesia Mujab, saat dihubungi Tempo Kamis 28 September 2017.

Baca juga: Masjid di Sekitar DPR Jadi Titik Kumpul Massa Aksi 299

Mujab mengatakan, BEM Universitas Indonesia telah mendapat undangan ihwal pertemuan tersebut. Namun, dirinya belum mengetahui secara pasti tujuan dari pertemuan tersebut. “Cuma tidak tahu arahnya mau bagaimana,” ujarnya.

 

Menurut Mujab, BEM Universitas Indonesia akan menghadiri undangan tersebut sekaligus menyatakan sikap menolak Peraturan Pemerintah Penggati undang-undang 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. (Perppu Ormas). “Rencananya BEM UI mau sampaikan sikap dan rekomendasi untuk menolak Perppu Ormas,” katanya.

Baca juga: Said Aqil Soal Aksi 299: Mumpung Ada yang Membiayai…

Belakangan, kondisi sosial politik di dalam negeri sedikit memanas menyusul adanya lontaran dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo soal impor 5.000 senjata ilegal. Wiranto kemudian mencoba meluruskan pernyataan Gatot, bahwa yang sebenarnya terjadi adalah pembelian 500 senjata Pindad oleh Badan Intelijen Negara.

Adanya rencana aksi 299 pada Jumat, 29 September 2017 besok juga turut membuat kondisi sosial politik kian menghangat. Aksi 299 bertujuan menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perpu Ormas) Nomor 2 Tahun 2017 dan melawan kebangkitan PKI. Aksi 299 rencananya akan dilakukan sejumlah elemen masyarakat di depan gedung DPR

Tempo.co

 

SHARE