Eks Dirut Persija Puji JIS, Dulu Klub Eropa Tertarik Bertanding ke Turki, Kini Geser ke Indonesia

Isupublik.com, Jakarta – Chairman Pancoran Soccer Field, Gede Widiade, menyatakan saat ini banyak event yang menanti untuk diselenggarakan di Jakarta International Stadium atau JIS. Bahkan, kata dia, klub-klub asal Eropa meminta untuk dihubungi dan diajak bermain di Indonesia terutama Jakarta.

“Ini merupakan pembuktian, kepada dunia bahwa di Indonesia ada stadion yang representatif. Juga ada klub yang sangat bagus jadi tak bisa dipandang sebelah mata,” ujar eks Direktur Utama Persija ini usai peresmian JIS, Jakarta Utara, Ahad malam, 24 Juli 2022.

Biasanya, Gede melanjutkan, negara-negara di Eropa dan Afrika memilih Turki sebagai tempat training center (TC) atau pusat pelatihan. Tapi sekarang, Indonesia terutama Jakarta dan Bali bisa dijadikan tempat TC oleh tim elit dari Eropa

“Saya sebagai Chairman Pancoran Soccer Field, sangat bangga berterimakasih bisa berkolaborasi dengan Pemprov DKI,” kata Gede.

Pancoran Soccer Field bekerja sama mendatangkan klub junior Barcelona dan Atletico Madrid untuk bermain di JIS, tapi kali ini hanya mendatangkan klub asal Thailand, Chonburi FC. Kalau mungkin waktunya agak lama, Gede berujar, mungkin bisa klub lain, karena banyak dari Australia, Jepang, dan Malaysia bersedia. 

“Kami mohon maaf jika ada kekuarangan. Persiapan yang tidak terlalu lama mungkin belum maksimal, tapi ini merupakan kontribusi kami sebagai insan bola kepada Gubernur DKI Anies Baswedan, Persija, dan Jakmania,” tutur dia.

Anies Baswedan dipuji sebagai gubernur yang beran

Gede Widiade juga memuji Anies Baswedan sebagai gubernur pertama yang berani menjanjikan untuk membangun stadion sepak bola di Indonesia. “Ini baru pertama kali seorang gubernur yang berani menjanjikan membangun sebuah stadion sepak bola yang mungkin terbesar di Asia Tenggara kepada Jakmania,” ujar dia.

Menurut dia hal itu mejadi inspirasi bagi semua insan sepak bola. Pancoran Soccer Field, kata Gede, hanya membantu karena merupakan perusahaan yang bergerak di bidang olahraga khususnya menyediakan sport facility yang ada di Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia.

Gede mengaku ikut terlibat langsung bagaimana awal mula rencana JIS dibangun, karena sebelumnya dia menjadi Direktur Utama Persija Jakarta. “Jadi keinginan beliau untuk membahagiakan masyarakat Jakarta khususnya Jakmania itu perlu di bantu,” katanya.

Dulu, dia melanjutkan, dia membantu untuk merealisasikan JIS, sekarang membantu bagaimana mengisi keinginan Gubernur Anies Baswedan untuk membahagiakan rakyatnya dan Jakmania. “Caranya dengan memilih klub-klub yang bagus untuk peresmian.” (TEMPO.CO)