Fraksi NasDem Apresiasi Pemko Batam atas Ranperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan

Isupublik.com, Batam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menggelar Rapat paripurna masa persidangan II tahun 2021 tentang pandangan umum fraksi NasDem terhadap Rancangan peraturan daerah (Ranperda) kota Batam tentang penyelenggaraan perpustakaan, Kamis (22/04/2021).

Dalam rapat paripurna, fraksi Partai Nasdem menyebutkan bahwa perpustakaan merupakan jantungnya dunia pendidikan, karena perpustakaan adalah tempat dimana berbagai macam informasi dapat ditemukan. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung ataupun tidak langsung dapat membantu masyarakat untuk berwawasan luas, berpikir konstruktif, cerdas dan lebih kreatif, sehingga dapat meningkatkan produktifitas, tanggap dalam kemajuan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik.

Dan, yang tak kalah pentingnya, dalam rangka upaya memajukan kebudayaan nasional, peningkatan kecerdasan masyarakat melalui budaya gemar membaca, negara memberi perhatian besar. Ini sesuai pula dengan amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, yang kemudian dalam turunan aturan berikutnya untuk memudah atau menjadi petunjuk lebih detil terhadal hal terkait.

Oleh karena itu, Fraksi NasDem memberikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif Pemerintah Kota Batam terhadap Ranperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, yang merupakan salah satu strategi peningkatan minat baca masyarakat Indonesia, khususnya di Kota Batam, demi terwujudnya cita-cita Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945. Semua itu tak lain untuk mengwujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa, yang berpedoman pada filsafah negara, yakni Pancasila.

Sebagaimana ketentuan pasal 38 ayat (2) Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, yang menyatakan bahwa : Sarana dan prasarana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dimanfaatkan dan dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi” dengan demikian, perkembangan perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat saat ini yang berada pada era digital, sehingga parameter-parameter minat baca saat ini sekiranya dapat disesuaikan dengan elemen-elemen perubahan perilaku masyarakat terhadap bacaan.

Perpustakaan berbasis online perlu menjadi perhatian pemerintah, dimana perpustakaan yang dilengkapi dengan tehnologi canggih dan mudah diakses merupakan salah satu kiat peningkatan minat baca masyarakat di Kota Batam. Pemerintah melalui kerjasama dan peran serta masyarakat, diharapkan mampu menjawab permasalahan sistem digital tersebut, yang mana dicantumkan pada Pasal 21 ayat (2) Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.

Kemudian, setelah dianalisa dan diteliti secara seksama dengan mempertimbangkan permasalahan yang ada, serta memetakan implikasinya ke masa depan, maka kami dari Fraksi NasDem “menyetujui dan mendukung” Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perpustakaan.

“Kami berharap Ranperda tersebut dapat ditindaklanjuti dan disikapi secara positif serta benar-benar dilandasi komitmen membangun Kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Batam demi terwujudnya Batam sebagai Bandar Dunia yang Madani,”

Demikianlah penyampaian Pandangan Fraksi NasDem DPRD Kota Batam terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Perpustakaan, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Beritanusantaranews.com.

Sumber : Beritanusantaranews.com

SHARE