Tanjung Uma Jadi Perhatian Pusat, TRC PA Turun ke Batam

Isupublik.com,  Batam – Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak (TRC PA) pusat, mengunjungi lokasi penggusuran Bukit Timur Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Jum’at (3/11/2017).

Kunjungan tersebut dilaksanakan setelah TRC PA pusat berkoordinasi dengan koordinator daerah Batam, terhitung 10 hari pasca penggusuran.

Ketua Koordinator Nasional TRC PA, Naumi Lania mengungkapkan alasan kedatangannya ke Batam karena luluh hati ketika mendengar laporan tentang anak-anak disana ada yang tidak sekolah dengan alasan seragam tertimbun dan sebagainya.

“Saya pikir telah ditangani, karena saya telah melapor ke Deputi Perlindungan Anak. Ternyata sampai hari ini tidak ada respon sama sekali, makanya saya turun dan melapor ke Sekjen Komnas Anak,” ujarnya kecewa.

Menurut mantan Bupati di daerah Sulawesi ini, pisikologis anak di lokasi seperti trauma karena shock dan terlihat pada mereka adanya kekerasan. Maka dari itulah, mereka butuh hiburan.

“Minggu lalu saya datang, anak-anak disana masih kelihatan shock,” terang dia.

Meski begitu, berdasarkan pengamatannya, kondisi anak-anak di lokasi penggusuran Tanjung Uma ini lebih baik ketimbang kemarin lalu.

Dia menjelaskan bahwa permasalahan tersebut masih dalam tahap investigasi. Pihaknya juga mengaku masih melakukan koordinasi dengan kepolisian dan Walikota setempat walau belum mendapat jawaban dan menyuruh ke tim terpadu.

Oleh sebab itu, kedepan pihaknya akan terus berupaya untuk mengkawal permasalahan tersebut hingga tuntas bersama aktivis-aktivis Kota Batam.

“Saya berharap, jangan main-main dengan saya. Mereka tidak bisa membeli nyawa,” pungkasnya. (Bondan)

SHARE