Kartu Identitas Anak (KIA) Mudah Sebagai Alat Transaksional Bagi Anak

iIsupublik.com, – Tanjungpinang – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Tanjungpinang keluarkan terobosan baru Kartu Identitas Anak. KIA yang memiliki fungsi ekonomi, dan mudah sebagai alat transaksional bagi anak , Rabu (24/03/21).

Apa itu Kartu Indentitas Anak, KIA adalah kartu yang di terbitkan pemerintah untuk melakukan pendataan serta memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional anak – anak yang ada di Indonesia.

KIA sendiri terbagi dua jenis, antara lain KIA umur anak antara 0 s/d 5 tahun dan 5 s/d 17 tahun kurang satu hari. Perbedaan untuk KIA 0 s/d 5 tahun, tanpa menggunakan foto, sedangkan KIA usia 5 s/d 17 tahun kurang satu hari mengunakan foto.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negri (Permendagri) Nomer 2 tahun 2016 tentang (KIA) Kartu Indentitas Anak adalah upaya pemerintah untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan Indentitas kependudukan kepada seluruh penduduk warga negara Indonesia yang berlaku secara nasional sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Seperti yang di jelaskan oleh kepala seksi (Kasi) dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Tanjungpinang di ruang kerjanya. Guntur Riahma S SH, MH bahwa,” Kartu Identitas Anak sekarang ini KIA, untuk anak usia 5 s/d 17 tahun kurang sehari saja, akan tetapi KIA juga memberikan nilai fungsi ekonomi bagi pemiliknya,”

“Selain itu, KIA bermanfaat Sebagai Kartu transaksional buat anak, dan KIA bisa mendapatkan diskon (Potongan Harga), apabila digunakan kepada pelaku usaha di kota terdekat, sebagaimana yang telah di sepakati dalam perjanjian kerjasama. Antara pelaku usaha dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Tanjungpinang,” Ucap Ria sapaan akrab.

Ria menambahkan,” tapi perlu di ingat  diskon hanya berlaku di tempat usaha yang sudah berkerjasama dengan Dinas Kependuduka dan Pencatatan Sipil saja,” tutup Ria. (Laode/Gawat Kepri)

SHARE