Kepala DLH Kota Batam Bantah Spent Bleaching Earth (SBE) Limbah B3

RDP Komisi II DPRD Kota Batam Bersama DLH dan Pengusaha

IsuPublik.com, Batam – Akhirnya Komisi III DPRD Kota Batam gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pembuangan limbah Spent Bleaching Earth (SBE) ke TPA Punggur, Senin (04/09/17). mengaju kepada PP 101 Tahun 2014 Limbah yang dibuang PT Musim Mas adalah Limbah B3.

Nyanyang Haris Pratamura selaku ketua rapat menuturkan, di panggilnya pihak perusahaan tersebut berawal dari laporan LSM dan warga, bahwa di TPA Punggur di duga sebagai tempat pembuangan Limbah B3 Spent Bleaching Earth (SBE) PT Musim Mas.

“Yang terjadi saat ini ada tumpang tindih aturan di dinas lingkungan hidup dan kementrian lingkungan hidup tentang defenisi limbah B3 SBE, mengacu kepada PP 101 tahun 2014 bahwa limbah yang di buang oleh PT Musim Mas di TPA punggur, adalah limbah B3,”ujar Nyanyang.

Ditempat terpisah kepala Dinas Lingkungan Hidup Dendi Purnomo mengatakan, hasil uji sample terhadap dugaan limbah B3 PT Musim mas masih dibawah ambang batas dan uji kharakteristik masih dibawah ambang.

“Di PP nomor 32 tahun 2009 tidak di cantumkan limbah SBE sebagai Limbah B3 katagori limbah (SBE) tidak termasuk limbah B3,”kata Dendi

Terkait apa yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dendi Purnomo yang berpendapat bahwa belum di cantumkanya Limbah SBE di PP Nomor 32 tahun 2009, tentunya bertentangan dengan PP Nomor 101 Tahun 2014 Tentang devenisi limbah SBE masuk katagori limbah B3.

Sampai berita ini terbit komisi III DPRD dan Dinas Lingkungan Hidup masih melakukan rapat tertutup di ruang Komisi. (Rob)

SHARE