Kiai kampung ingin duet Gus Ipul-Kanang di Pilgub Jatim

Ratusan kiai kampung gruduk Gedung Grahadi. ©2017 Merdeka.com/moch andriansyah

IsuPublik.com, Jawa Timur – Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) kembali memainkan manuver politiknya. Setelah mengalihkan dukungan dari Khofifah Indar Parawansa ke Saifullah Yusuf (Gus Ipul), kini mereka kembali ingin mengambil perannya di Pilgub Jawa Timur 2018.

FK3JT ingin memasangkan Gus Ipul dengan Bupati Ngawi, Budi ‘Kanang’ Sulistiyono. Pasangan ini dianggap ideal oleh kiai kampung yang dinakhodai Fahrur Rozie, karena mewakili basis Nahdliyin-Nasionalis.

“Saat kunjungan Hasto Kristiyanto (sekjen DPP PDIP) saya mendengar untuk porsi Cawagub ada lima orang. Yaitu Eddy Rumpoko (Wali Kota Batu), Bu Risma (Wali Kota Surabaya), Anas (Bupati Banyuwangi), Pak Kanang dan Kusnadi (ketua DPD PDIP Jatim,” kata Gus Fahrur, sapaan akrab Fahrur Rozie, Selasa (5/9).

Dia mengaku sangat yakin formasi Gus Ipul-Kanang bisa menumbangkan kandidat lain, khususnya di wilayah Mataraman. “Saya lihat dari lima orang (Cawagub yang muncul) ini, menurut kiai kampung paling tepat apabila Gus Ipul bergandengan dengan Pak Kanang,” sambungnya.

Sebab, nilainya, selain mewakili basis nasionalis, Kanang juga cukup dikenal dan punya prestasi di Ngawi. “Ini koalisi ‘Naga Hijau dan Naga Merah’. Koalisi ini, di Jatim sangat melekat. Tidak boleh ditinggalkan,” ucapnya sembari mengambil istilah koalisi Naga. “Gus Ipul representasi religius dan Pak Kanang nasionalis.”

Dan untuk merealisasikan niatnya itu, Gus Fahrur mengaku dalam waktu dekat akan melobi PDIP Jawa Timur. “Saya akan datangi PDIP bersama seluruh kiai kampung, kami berharap aspirasi pasangan ini dipikirkan oleh PDIP dan PKB,” tandasnya.

(Sumber Merdeka.com)

SHARE