Lisa Yulia Diminta Tularkan Jiwa Kewirausahaan Kepada HIPMI Perguruan Tinggi Kepri

Isupublik.com, Batam – Kompak, para senior Badan Pengurus Cabang dan Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang ada di Provinsi Kepri berbagi cerita dalam bentuk perhatian atau “Sharing is caring” kepada HIPMI Perguruan Tinggi Kepri.

Hal itu terlihat dalam suasana akrab ketika menggelar acara buka bersama di Cafe Its Meat Up, Batam Center, Minggu , (2/5/2021) yang diadakan oleh HIPMI Perguruan Tinggi bersama para senior HIPMI yang ada di Kepri.

Tak tanggung tanggung, HIPMI PT Kepri mendatangkan 3 sekaligus narasumber yang sudah menjadi senior HIPMI di Kepri, diantaranya ada Lisa Yulia, Founder PT. Pelayaran Kencana Global, Yasir Abdillah, General Manager Nomad Batam, Angga Widjaja, Owner Tacita Group.

Ketua HIPMI Perguruan Tinggi Kepri, Kiky Ramzani, mengatakan, agenda hari ini judulnya Sharing dan buka bersama senior HIPMI, tujuan nya untuk merekatkan, karena di HIPMI kita semua adalah keluarga. Kita bersama sama berjuang untuk menjadi pengusaha.

” HIPMI PT ini basisnya perguruan tinggi atau mahasiswa, dimana mahasiswa disini masih minim experience atau pengalaman, butuh yang namanya bimbingan dari senior senior HIPMI. Jadi fungsi kegiatan yang kami gelar untuk mempertemukan mahasiswa dengan senior HIPMI agar sama sama belajar (Sharing) pengalaman, apa saja strategi yang dibutuhkan dalam dunia bisnis agar mahasiswa nantinya bisa menjadi pengusaha.”ujar Kiky

Lebih lanjut dikatakan Kiky, adapun moto HIPMI PT Kepri adalah pengusaha pejuang, pejuang pengusaha, dimana pengusaha harus punya sifat pejuang, setelah menjadi pengusaha pejuang, bersama sama berjuang untuk menjadi pengusaha. Menebarkan semangat pejuang pengusaha.

” Untuk saat ini anggota HIPMI PT Kepri masih 50 orang, kita akan targetkan rekrut 1000 mahasiswa yang ada di Provinsi Kepri untuk diajak bergabung di tahun pertama.” imbuhnya

Sementara itu Founder PT. Pelayaran Kencana Global, yang juga senior HIPMI, Lisa Yulia, mengatakan, Membangun semangat wirausaha ditataran mahasiswa dan mengubah mindset mahasiswa dari berkeinginan bekerja menjadi pengusaha, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja adalah tujuan utama didirikannya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Kepri.

Kiat sukses untuk menjadi pengusaha adalah Anda harus berani gagal dalam menjalankan sebuah proses. Tunda kesenangan yang bersifat sementara dan bekerja keras sejak dini. Jangan pernah menunda kesuksesan hanya karena ingin menikmati masa remaja.

Sebagai narasumber, Lisa dalam paparannya menyebutkan bahwa kunci sukses dalam berusaha adalah berani mencoba dan mendalami usaha secara sungguh-sungguh dan lisa berbagi tips agar bisa meraih kunci sukses berbisnis :

  1. Do what you love – mulailah dari hal yang kamu sukai
  2. Tetapkan tujuan jauh kedepan
  3. Bijaksana mengatur keuangan – jangan campurkan pendapatan usaha dan pengeluaran pribadi
  4. Management waktu yang baik
  5. Strategi pemasaran yang kreatif – mengapa orang harus membeli barang saya?- apa keuntungannya
  6. Perluas Networking dan selalu berinovasi

Menurut Lisa, pihaknya siap membantu HIPMI PT dengan merancang program kerja serta menyiapkan pembinaan juga melakukan pendampingan dan pelatihan sejak para mahasiswa sudah mempunyai jiwa pengusaha, Kita juga akan memberikan contoh kepada mereka dan Mengubah mindset Mahasiswa Dari Mencari Kerja Menuju Membuka Lapangan Kerja,” ujarnya.

Kami punya tugas menularkan virus wirausaha kepada mahasiswa yang sudah mempunyai cita-cita jadi pengusaha. Untuk itu, Kita tinggal menduplikasi berbagai program yang sudah ada di Kota Batam atau kepri pada umumnya ,” tandasnya.

Lebih lanjut, Lisa menegaskan bahwa modal utama pengusaha sukses adalah kekuatan gagasan. Oleh karena itu, setiap pengusaha yang ingin sukses, termasuk mahasiswa , harus kreatif, penuh inisiatif dan inovatif dalam menjalankan usaha.

Saya berterima kasih kepada Ketua HIPMI PT sudah menggagas acara ini yang mana Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan ilmu & pengalaman kami dalam hal kewirausahaan, meskipun terhalang oleh pandemi tidak menyurutkan semangat dari mahasiswa yang datang dari berbagai daerah untuk mendapatkan ilmu langsung dari para ahli dibidangnya.

Harapan saya, virus menjadi pengusaha dapat benar-benar terealisasi. Supaya mahasiswa yang telah lulus, menjadi pengusaha muda yang telah siap pada dunia luar, yakni dunia usaha,”kata Icha panggilan akrabnya

Selain itu juga bagaimana cara pengusaha muda bisa berkontribusi terhadap pemerintah atau pun perekonomian yang ada di Batam, nah memang disini pihaknya ingin berbagi pengalaman, berbagi ilmu, juga memberikan arahan, memberikan kisi kisi agar menjadi seorang pengusaha muda,”ungkapnya.

Kemudian, dalam hal itu, dirinya menginginkan HIPMI PT ini dapat membawa mahasiswa menjadi pengusaha. Agar, benar-benar dapat diimplementasikan apa yang menjadi tujuan HIPMI PT Provinsi Kepri. HIPMI PT diharapkan, menjadi penggerak dalam membuat karakter mahasiswa dan pemuda di wilayah ini untuk berwirausaha,”tutupnya. (chan)