Marak kepala daerah ditangkap KPK, Mendagri bilang ‘partai nggak salah’

Mendagri Tjahjo Kumolo.

Isupublik.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai, rekruitmen parpol kepada calon kepala daerah sudah optimal. Ia mengatakan bahwa masalah korupsi itu kembali kepada individu masing-masing.

“Partai nggak salah. Rekrutmen partai sudah bagus. Ada psikotesnya ada latihan calon pilkadanya, dibekali secara ideologis, sudah, kembali ke orangnya,” paparnya di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (25/7).

Politikus PDIP ini menambahkan, pihaknya selalu mendidik dan melatih kepala daerah supaya terwujud pemerintah daerah yang bersih. Kemudian, pihaknya juga akan meningkatkan materi pencegahan antikorupsi setinggi 50 persen.

“Setiap pilkada serentak sudah langsung kami diklat. Kemarin waktu kami rapat dengan KPK, modul pencegahan antikorupsi akan ditingkatkan 50 persen,” ujarnya

Sementara itu, pihaknya sudah membahas dengan KPK dan BPKP untuk lebih mengoptimalkan sistem Inspektorat daerah. “Sistemnya sudah kita perbaiki tinggal inspektorat daerah sudah kita bahas dengan KPK dengan BPKP untuk bisa lebih dimandirikan dioptimalkan,” paparnya

Merdeka.com

SHARE