Menhub RI Resmikan Dermaga II Telaga Punggur

Isupublik.com, Batam – Menteri Perhubungan (Menhub), RI Budi Karya Sumadi meresmikan Dermaga II Pelabuhan Ro-Ro Telaga Punggur, Kota Batam Kepulauan Riau, Kamis (25/2).

Dalam sambutan Budi menyebut Kepri merupakan daerah yang dominan pulau, sehingga dibutukan konektivitas antara pulau di Kepri guna tercipta pembangunan dermaga.

“Laut antar pulau di Kepri adalah milik masyarakat kebanyakan, berarti kita tidak bisa meraup telalu tinggi, diharapkan lah pembangunan dermaga bisa dapat meningkatkan konektivitas,” kata Budi.

“Saya dengar tadi ada penambahan tujuan dari 11 menjadi 16 hampir 50 persen, ini barokah namanya, kita bayangkan saja saudara kita dari pulau sana yang gunakan kapal tanpa safety. Ini di sini sudah lengkap ada safery,” tambah dia.

Budi mengakatan bahwa keselamatan masyarakat dalam berlayar adalah utama yang diberikan. “Utamakan keselamatan pelayaran bagi masyarakat,” katanya.

Pembangunan dermaga ini oleh ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Batam diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

“Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat yang mengunakan jasa ke pulau-pulau yang buruh waktu berjam jam,” katanya.

Dia juga berpesan untuk pelayaran diharapkan semua pihak kolaborasi baik tingkat pusat dan pemda untuk terciptanya pembangunan dermaga lain.

“Misalnya kabubaten atau pemda bisa subsidi supaya terbangun kembali dermaga dengan tujuan kapal bisa sampai ke pulau. Jadi mindsetnya kolaborasi penting supaya makin banyak pulau yang bisa dijangkau,” pungkasnya. (chan)

SHARE