Pelayanan dan Komitmen Kerja Untuk Publik Harus Semakin Baik

Isupublik.com, – Tanjungpinang – H. T.S. Arif Fadillah memimpin Apel Rutin Pemerintah provinsi kepulauan Riau yang disejalankan dengan Pemberian Plakat Penghasilan bagi PNS yang akan memasuki Masa Purna Bhakti. Juga dilakukan Pemberian Piagam Penghargaan Kementerian PAN-RB bagi OPD Penyeleggara Pelayanan Publik di halaman upacara kantor Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang (22/3).

Sekda Arif yang mewakili Gubernur Kepri dalam amanatnya mengucapkan selamat kepada OPD yang mendapat predikat sangat baik dalam pelayanan publik dari KemenPAN-RB.

Adapun OPD yang meraih predikat “Sangat Baik” diraih oleh UPT SAMSAT Batam Centre pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Kepulauan Riau. Lalu OPD yang meraih predikat “Baik” diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Riau.

Sekda Arif menyampaikan bahwa penghargaan yang berhasil diraih ini merupakan bukti komitmen kerja keras dari instansi pelayanan publik di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Hal ini membuktikan bahwa komitmen kerja keras dan kerjasama kita semua serta dukungan dan bimbingan dari instansi terkait penyelidikan pelayanan publik terus semakin baik,” ucap Sekda Arif.

Capaian ini ditegaskan oleh Sekda Arif harus dijadikan motivasi dan dorongan oleh OPD-OPD yang menangani pelayanan publik terus memperbaiki kinerja.

“Kita ini sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara, jadi kita harus terus mengevaluasi dimana kelemahan-kelemahan kita. Sekarang ini pelayanan publik kita tidak ditangani dalam hitungan hari, tetapi harus dalam hitungan jam,” tegas Sekda Arif.

Sekda Arif menceritakan bahwa beberapa hari lalu Menteri Luhut dan Menteri Sri Mulyani di Batam meluncurkan sebuah sistem yang bernama Batam Logistic Ecosystem tentang penataan logistik nasional di pelabuhan. Menurut Sekda Arif sistem ini merupakan salah satu contoh bagaimana pemangkasan birokrasi dapat dilaksanakan apabila sistem yang sudah ada terus diperbaiki dan dievakuasi.

Kepada OPD yang menangani pelayanan publik Sekda Arif mengarahkan untuk terus meningkatkan standar penanganan aduan masyarakat, juga perlu untuk melaksanakan survei kepuasan masyarakat.

“Setiap kita memberikan pelayanan, kita perlu mensurvei bagaimanapun tanggapan masyarakat terhadap kinerja kita, nanti akan ada keluhan itu menjadi catatan kita untuk kita kelola pengaduan masyarakat tersebut,” pinta Sekda Arif.

Penyerahan piagam penghargaan bagi OPD-OPD berprestasi diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau H. T.S Arif Fadillah usai apel pagi. OPD yang meraih predikat “Sangat Baik” diraih oleh UPT SAMSAT Batam Centre pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Kepulauan Riau yang diterima langsung oleh ibu Reni Yusmeri. Lalu OPD yang meraih predikat “Baik” diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Riau yang diterima langsung oleh Bapak Dr. Drs. Syamsuardi, M.M. Selain penyerahan penghargaan bagi OPD juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan bagi ASN yang memasuki masa Purna Bhakti di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

(Laode/ Humas Kepri)

SHARE