Pembukaan Pra TMMD Ke – 110 Kodim 0318/Natuna di Awali Tradisi Tepung Tawar

Isupublik.com, – Natuna – Tradisi Tepung Tawar (Doa tolak bala) awali pelaksanaan Pra TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Kodim 0318/Natuna TA. 2021 di Dusun Sebayar Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (17/2/2021).

Sebelumnya, Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan didampingi Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang LXXII Kodim 0318/ Natuna Ny. Risma Putri menyambut kunjungan Kasrem 033/WP Kodam 1/ BB Kolonel Inf Juniras Lumbantoruan, S.Sos. M.Si., di Bandara Raden Sajdad Natuna didampingi Pasiter Rem 033/WP Kolonel Inf Persada Alam.

Dalam kunjungan tersebut dalam rangka membuka pelaksanaan Pra TMMD Reguler Ke 110 Kodim 0318/Natuna yang akan dilaksanakan dari tanggal 17 Februari 2021 hingga 30 Februai 2021 mendatang.
TMMD Kodim 0318/Natuna di Dusun Sebayar Desa Sungai Ulu Kecamatan Bunguran Timur menjadi pusat sasaran fisik pembukaan jalan penghubung dua Desa di Dua Kecamatan antara Desa Sungai Ulu menuju Desa Slemam Kecamatan Bunguran Timur Laut.
Di lokasi pembukaan TMMD Kasrem 033/WP menuturkan kegiatan TMMD merupakan Program TNI AD, dengan pemilihan sasaran berdasarkan kebutuhan Masyarakat yang di sampaikan kepada Babinsa dilanjutkan kepada Komandan Kodim untuk disampaikan kepada Komando Atas.

”Program TMMD ini didukung oleh Mabes TNI untuk anggaran makan dan tranportasinya, sedangkan anggaran lainnya dari pemerintah daerah, jadi kami TNI hanya menyiapkan tenaga saja ” tegas Kasrem Kolonel Inf Juniras Lumbantoruan.
Lebih lanjut Kasrem mengatakan bahwa TMMD di wilayah Korem 033/ WP terbagi 3 Kabupaten dalam 3 kali pelaksanaan TA.2021, di Kodim Natuna TMMD Ke 110 dan TMMD Ke 111 ada di Kabupaten lain ” sambungnya.

Dalam kegiatan TMMD terdapat dua sasaran baik Fisik dan Non Fisik. Untuk sasaran fisik Satgas TMMD akan membuka jalan sepanjang 2 Km dengan lebar 6 meter dengan anggaran Rp. 800 Juta.
Sementara untuk kegiatan non fisik diantaranya sosialisasi, baik wawasan kebangsaan, narkoba, hukum, pertanian, perikanan dan Pariwisata untuk di Natuna akan fokus untuk mempromosikan Geopark Natuna agar mendapat pengakuan dari UNESCO.
Kasrem juga berharap dukungan masyarakat terkait pelaksanaan TMMD agar ini bisa memberi manfaat bagi pembangunan Natuna ke depan.

Sementara Muzhari salah satu tokoh masyrakat setempat menyambut gembira dengan adanya TMMD di Desanya.

Hadir dalam pembukaan pra TMMD, Kasrem 033/WP, Kolonel Inf. Juniras Lumbantoruan S.sos.,M.SI, Kasiter Rem 033/WP Kolonel Inf. Persada Alam, Dandim Natuna Letkol Arm Asep Ridwan.,S.H,.M.Han., Kadis PU Helmi Yuda, Wakapolres Natuna AKBP Edi Wisnu Sudono SH, Camat Bunguran Timur, Camat Bunguran Timur Laut, Danramil 01/Ranai Mayor Inf Narta, Ketua LAM Bpk H. Wan Zawaldi
serta beberapa Tokoh Masyarakat.

(Laode)

SHARE