Pemko Padang Raih 3 Penghargaan dalam Festival CHSE di Bukittinggi

Isupublik.com, Padang – Pemerintah Kota Padang di bawah kepemimpinan Wali Kota Hendri Septa terus mendulang sejumlah prestasi membanggakan sampai saat ini.

Tak tanggung-tanggung, 3 (tiga) penghargaan pun kali ini disabet Pemko Padang dari 5 (lima) kategori perlombaan dalam kegiatan Penganugerahan Piagam Penghargaan Festival Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan) (CHSE) di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Rabu (17/11/2021).
Pada saat itu juga digelar Launching Gerakan Keluar Bersih serta Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik bagi OPD di Provinsi Sumbar dan OPD di kabupaten/kota se-Sumbar.
Penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat itu pun diterima Wali Kota Padang diwakili Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Raju Minropa dari Gubernur Sumatera Barat melalui Staf Ahli Gubernur Sumbar Muhammad Yani.
Adapun tiga penghargaan yang diterima Pemko Padang tersebut adalah, meraih Juara I lomba Toilet Bersih di Rumah Makan pada Kawasan Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) yang diberikan kepada Rumah Makan Padang Old Town.
Selanjutnya, Juara I Lomba Toilet Bersih di Masjid pada Kawasan DTWU diberikan kepada Masjid Al Hakim Kota Padang dan Juara II DTWU Tahun 2021 yang diberikan kepada Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang.
“Alhamdulillah kita bersyukur sekali Kota Padang menerima tiga penghargaan dari lima kategori lomba pada Festival CHSE yang diselenggarakan oleh Pemprov Sumbar tahun 2021 ini. Penghargaan ini adalah berkat sinergi dan kekompakan kita semua, khususnya pihak-pihak yang berhubungan dengan pengembangan DTWU di Kota Padang,” ucap Raju usai menerima penghargaan kepada wartawan.
Raju menyebutkan pihaknya akan tetap konsisten agar tempat wisata yang dikunjungi oleh publik di Kota Padang senantiasa bersih, rapi, nyaman dan aman.
Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pertanahan Kota Padang itu pun bertekad akan terus mengembangkan sektor pariwisata agar terjadi peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Padang.
Sementara itu dalam sambutan dan arahannya Staf Ahli Gubernur Sumbar Muhammad Yani mengapresiasi kepada pemerintah daerah yang menerima penghargaan CHSE tersebut.
“Selamat bagi kabupaten/kota yang menerima penghargaan ini, kita harapkan terus menjaga dan meningkatkannya. Begitu juga bagi daerah lainnya, saya berharap dapat meniru dan melakukan hal serupa,” harapnya.
Senada dengan itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial menyebutkan, kegiatan kali ini merupakan upaya penyatuan beberapa kegiatan dalam memenuhi harapan Gubernur Sumbar. Dimana nanti pascapandemi masing-masing kabupaten/kota diharapkan mempersiapkan diri dalam memajukan sektor pariwisata.
“Dinas Pariwisata Sumbar sudah melakukan penilaian CHSE terhadap DTWU di setiap kabupaten/kota se-Sumbar. Kita sudah melakukan evaluasi di 19 daerah yang sudah betul-betul melakukan standarisasi CHSE. Hari ini penghargaan kita serahkan, dan kita melakukan apresiasi berdasarkan kesiapan kondisi awal. Begitu juga mengidentifikasi sejauh mana kabupaten/kota mempersiapkan diri dalam memajukan sektor pariwisatanya,” jelasnya.
Humas Pemko Padang
SHARE