Rakorgub Se Sumatera 2022 di Gelar, Ini Lima Fokus Pembahasannya

Hadir langsung membuka Rakorgub 2022 Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo yang baru dilantik Presiden Jokowi sebagai Wamendagri pada Rabu (15/6) yang lalu. Hadir juga Staf Ahli Bidang Pemerataan Kementerian Bappenas Oktorialdi. Sedangkan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna hadir secara virtual.

Tema Rakorgub se-Sumatera Tahun 2022 adalah “Transformasi Ekonomi Sumatera” dengan lima fokus pembahasan antara lain pemerataan infrastruktur, hilirisasi sumber daya alam, penguatan jaringan pariwisata dan ekonomi kreatif, percepatan penurunan stunting dan kemiskinan ekstrim, serta pembangunan rendah karbon.

Gubernur Riau, Syamsuar sebagai tuan rumah membacakan hasil kesepakatan Rakor Teknis antar OPD se-Sumatera yang telah digelar sehari sebelumnya. Setidaknya terdapat 39 poin yang kesepakatan dari lima fokus pembahasan tersebut. Kesepakatan tersebut pun di rumuskan sebagai Kesepakatan Bersama Kerjasama Antar Daerah yang di tandatangani oleh para Gubernur se-Sumatera.

Gubernur Syamsuar berharap Rakorgub ini dapat menghasilkan sinergitas dalam percepatan pembangunan dalam bentuk kerja sama. Untuk itu hasil kesepakatan dalam Rakortek sebelumnya

“Tujuannya sebagai sarana menjembatani pola komunikasi antar kepala daerah se-Sumatera (Gubernur) dan sebagai wadah evaluasi kerja sama yg telah terjalin sebelumnya dalam rangka membangun daerahnya masing-masing” ujar Gubernur Syamsuar.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad usai acara menyampaikan ia sengaja hadir langsung pada Rakorgub ini dengan membawa beberapa pimpinan OPD untuk mengusulkan kesepakatan-kesepakatan berdasarkan permasalahan di Kepri yang berkaitan dengan kelima fokus pembahasan rakor.

“Saya harap kesepakatan bersama yang telah di tandatangani akan membawa dampak positif bagi percepatan pembangunan dan pemulihan ekonomi di wilayah Sumatera dan Kepri khususnya” ujar Gubernur.

Memang kelima fokus pembahasan dalam Rakorgub ini berafiliasi langsung dengan Provinsi Kepri. Sebut saja pemerataan infrastruktur yang terus digesa Gubernur Ansar terutama di daerah 3T, hilirisasi sumber daya alam di bidang pengolahan hasil kelautan dan perikanan, penguatan jaringan pariwisata dan ekraf demi peningkatan lenght of stay wisman.

Kemudian percepatan penurunan stunting yang selalu menjadi fokus utama Gubernur Ansar serta pembangunan rendah karbon di mana Gubernur Ansar selalu mengedepankan green energy dalam pengawasan masuknya investasi di Kepri.

Hadir langsung pada acara tersebut Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Gubernur Jambi Al Haris, Pj. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya serta Gubernur Aceh dan Sumatera Utara yang masing-masing diwakili Kepala Bappeda. (LD)

 

(Hms Diskominfo Kepri)

SHARE