Sudahlah Susah, Para Pencaker Juga Nyusahin

Isupublik.com, Batam – Tak asing dan tak heran lagi. Para pencari kerja hampir tiap hari menghabiskan waktunya duduk, makan dan minum seraya menunggu selebaran lowongan kerja dari perusahaan-perusahaan yang akan membutuhkan karyawan di Gedung Mph Batamindo atau yang sering disebut CC.

Disamping itu, kurangnya kesadaran bagi mereka untuk menjaga kebersihan demi kenyamanan tempat tersebut juga perlu dikedepankan. Seperti setelah makan minum, ngemil, ngopi dan merokok. Mereka bukan membuang sampah sisa makanan kedalam tempat yang telah disediakan, malah membiarkannya tergeletak begitu saja.

Sudahlah susah, mereka juga nyusahin petugas kebersihan yang ada disana. Apakah unsur sengaja atau sebaliknya, padahal ditempat tersebut telah di pasang papan himbauan yang berisikan ;

  • UU RI NO. 18 Tahun 2008 Bab X Pasal 29 Ayat 1c dimana setiap orang dilarang membuang sampah tidak pada tempat yang telah ditentukan dan disediakan.

-PERDA Kota Batam No. 11 Tahun 2013 Bab V Pasal 64 Ayat (1a) dan (1b) Setiap orang dilarang membuang sampah ditempat umum, jalan, taman dan parit.

-Peraturan dan Denda Perda Kota Batam No. 11 Tahun 2013 Pasal 69 Ayat (1) Setiap orang yang melanggar ketentuan pasal 64 akan dikenakan sanksi pidana dan denda Rp 2.500.0000 ( dua juta lima ratus ribu rupiah).

Petugas kebersihan, Zulkarnaen saat dijumpai awak media ini Rabu siang mengungkapkan, bahwasannya ia sangat sesalkan dengan kelakuan puluhan bahkan ratusan pencaker yang datangi CC selalu membuang sampah sembarangan. (22/11/17)

“Saya sangat sesalkan mereka membuang sampah sembarangan, padahal telah disediakan tempat, apalagi tempat-tempat kopi dibuang sembarangan, ketendang orang yang lewat jadi berserakan,” ucapnya.

Berdasarkan keterangan bapak yang berumur kisaran 40-an ini, ia telah bekerja selama 6 tahun dan 1 tahun bekerja sebagai petugas kebersihan. Dalam satu harinya ia menyapu hingga 4 kali, pagi 2 kali dan siang 2 kali.

“Saya berharap adanya kesadaran dari mereka untuk membuang sampah pada tempatnya, dengan tujuan itu juga akan menimbulkan kenyamana bagi mereka,” pintanya. (Bondan)

SHARE