Vaksinasi Massal di Gelar Serentak Binda Kepri di Batam dan Bintan

Isupublik.com, – Batam – Kegiatan vaksinasi massal terus digelar Binda Kepri di sejumlah titik, pada Sabtu (10/12/2021) dalam rangka mendukung pemerintah dalam membentuk herd immunity di wilayah perbatasan Provinsi Kepri.

Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di 6 titik, yang tersebar di wilayah Kota Batam dan Kabupaten Bintan. Untuk di wilayah Kota Batam, vaksinasi digelar di pemukiman rumah liar Tiban I Blok D RT.02/RW.03 dan perumahan Akasia Garden RT.04/RW.15 Kel. Patam Lestari, Kec. Sekupang. Selain itu juga digelar vaksinasi massal di Bengkong Sadai Blok D No. 11 RT.06/RW.10 Kel. Sadai Kec. Bengkong.

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Bintan, vaksinasi massal di gelar di Gedung Nasional Tanjung Uban, Puskesmas Kijang Kec. Bintan Timur dan Posyandu Asoka Malang Rapat Pantai Trikora.

Total sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi hari ini ditargetkan bisa mencapai lebih dari 700 orang.

“Berbagai upaya kita tempuh untuk mengajak masyarakat yang belum divaksin atau belum mendapat vaksin dosis lanjutan agar hadir dan mengikuti vaksinasi di lokasi yang disediakan,” terang Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R.C. Gumay melalui Kabagops Binda Kepri, Kolonel Chb. Komara Manurung.

Komara menambahkan, animo masyarakat cukup tinggi dengan adanya dukungan dari perangkat RT/RW yang aktif dalam memberikan sosialisasi di wilayahnya, baik dengan mendatangi rumah-rumah warga maupun memberikan pengumuman menggunakan toa masjid.

“Tak hanya itu, bahkan dalam pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kab. Bintan, Kodim 0315/Bintan juga mengerahkan Babinsa untuk menjemput warga hinterland menggunakan kapal pompong,” ungkapnya.

Dukungan dari berbagai pihak dalam pelaksanaan vaksinasi sangat membantu kesuksesan pemerintah dalam mencapai target 100 persen capaian vaksinasi di wilayah perbatasan Provinsi Kepri.

Sesuai dengan data dari Dinas Kesehatan Kepri, hingga 10 Desember 2021, capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis I bagi masyarakat usia lebih dari 18 tahun sudah mencapai 92,95 persen atau 1.276.611 orang. Sedangkan dosis lanjutan baru mencapai 74,69 persen atau 1.025.794 orang.

Sementara capaian vaksinasi bagi pelajar usia 12-17 tahun untuk dosis I mencapai 97,29 persen atau 202.030 orang dan dosis lanjutan mencapai 81,05 persen atau 168.320 orang.

Ketua RT 04 perumahan Akasia Garden, Kel. Patam Lestari, Pribadi Bayu mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi yang di gelar secara jemput bola oleh Binda Kepri di perumahan Akasia Garden.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Binda Kepri dan mengharapkan pelaksanaan vaksinasi bisa terus di lanjutkan dengan menyasar langsung ke pemukiman warga karena jujur selama ini kami belum mendapat informasi, malah dari Binda Kepri yang langsung berkontak dengan kami,” ungkap Pribadi, pada Sabtu.

Vaksinasi massal yang di gelar Binda Kepri terbuka bagi masyarakat umum dan para pelajar.

“Alhamdulillah Keisha sudah di vaksin, awalnya saya kira akan sakit tapi ternyata vaksin ini tidak sakit, bagi teman-teman yang belum vaksin, ayo segera vaksin,” pesan salah satu pelajar yang mengikuti vaksinasi di Puskesmas Kijang, Keisha Ananda. (***)

SHARE