Apresiasi Vaksinasi Masal di Serasan Wan Aris : Peserta Terbanyak Se Kabupaten Natuna

Isupublik.com, – Natuna – Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar memberikan apresiasi kepada Camat Serasan, Puskesmas Serasan dan semua pimpinan Uspika TNI Polri dalam mensukseskan vaksinasi masal yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Serasan, Jumat (11/6/2021).

“Apresiasi saya sampaikan kepada, camat, pihak puskesmas dan seluruh unsur pimpinan kecamatan baik TNI maupun Polri yang telah sukses melaksanakan kegiatan vaksinasi masal dengan jumlah tebanyak perhari di Kabupaten Natuna,” ucap Politisi Partai Nasdem ini.

Wan Aris melihat peran camat dalam memobilisasi masyarakat sehingga mau dilakukan vaksin sangat baik sehingga mereka dengan sukarela mau melakukan mengikuti kegiatan vaksinasi yang dihadiri oleh Bupati Natuna, Wakil Bupati Natuna, Kapolres Natuna, Danlanud RSA tersebut.

“Jumlah yang di vaksin tadi hampir memenuhi target yang diminta Bupati saat kunjungan kerja ke Serasan yaitu sebanyak 500 orang, jadi dapat kita lihat upaya yang dilakukan sudah maksimal,” terangnya.

Ketua Komisi ai DPRD Natuna, Wan Arismunandar bersama Kapolsek Serasan dan Danposal Serasaan saat pembukaan Vaksinasi Masal di Kecamatan Serasan

Camat Serasan Wendryadi mengatakan, pihaknya sejak awal selalu menyampaikan kepada masyarakat bahwa vaksin yang diberikan oleh pemerintah baik dan halal, sehingga masyarakat merasa aman dan dengan sukarela ikut mensukseskan program pemerintah ini.

“Memang perlu kerja keras untuk meyakinkan masyarakat ditengah banyaknya informasi hoax tentang vaksin,” ucapnya.

Wendryadi menyampaikan pada kegiatan vaksinasi masal yang dihadiri Bupati dan Wakil Bupati tercatat sebanyak 422 orang yang ikut divaksin.

“Kami diberi target sampai akhir Juni ini, harus tercapai sebanyak 1.000 orang, kalau melihat antusias seperti tadi kami optimis target tersebut dapat tercapai,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan bahwa antusiasme warga yang begitu luar biasa di Kecamatan Serasan ini membuktikan bahwa saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin sudah mulai tumbuh.

“Hari ini saya melihat partisipasi yang luar biasa, hampir semua kalangan ikut berpartisipasi, ini hal yang bagus karena kita juga diberikan target oleh pemerintah pusat,” ucap Hikmat.

Bupati Natuna, Wan Siswandi bersana Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian saat menyaksikan vaksinasis di Kecamatan Serasan

Hikmat kembali menegaskan bahwa vaksinasi yang diberikan merupakan upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, sehingga tujuan dari terciptanya kekebalan kelompok (herd immunity) bisa tecapai.

Suksesnya pelaksanaan vaksinasi masal di Kecamatan Serasan juga tidak terlepas dari peran serta tanaga kesehatan dari Puskesmas Serasan, tiga dokter yang disiapkan bersama vaksinator dan tenaga kesehatan lainnya memiliki peran penting dan menjadi ujung tombak dari program vaksinasi.

Salah satu dokter Puskesmas Serasan, dr Verly Veronica juga merasa bangga dengan partisipasi yang luar biasa dari masyarakat Serasan, meskipun pada awalnya dia merasa pesimis mengingat cuaca hujan sejak kedatangan Bupati bersama rombongan di Kecamatan Serasan.

“Tadi ada sekitar 61 orang yang ditangguhkan vaksinnya karena setelah kami cek ada yang tidak dan belum dapat divaksin,” terang Verly.

dr Verly juga menyampaikan bahwa saat masyarakat mendatangi fasilitas kesehatan untuk dilakukan vaksinasi nantinya dokter akan melakukan pengecekan kesehatan, sehingga layak dan tidaknya menerima vaksin.

“Kita cek dulu kok sebelum divaksin, jadi kalau memang menurut pengecekan belum dapat menerima, kita tangguhkan dulu vaksinasinya, jadi masyarakat tak perlu takut,” pungkasnya.

Kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Natuna di Kecamatan Serasan merupakan kunjungan kedua setelah sebelumnya mengunjungi kecamatan Subi, melakukan sosialisasi dan pemantauan vaksinasi. (AJ/dan)

SHARE