Atasi Abrasi Pantai Batu Kasah, TNI Polri dan Masyarakat Susun Tanggul Pasir Di Pesisir Pantai

Isupublik.com, – Natuna – Tingginya gelombang laut beberapa hari terakhir ini di kawasan perairan Natuna menjadi salah satu pemicu abrasi di sekitar pesisir Natuna termasuk di objek wisata Batu Kasah Kecamatan Bunguran Selatan.

Untuk mengantisipasi abrasi yang semakin parah Polres Natuna bersama TNI beserta instansi terkait, Organisasi Masyarakat, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa dan Masyarakat melakukan gotong royong berupa pembuatan tanggul dari karung dan drum berisi pasir untuk mencegah terjadinya kembali pengikisan pada bibir pantai, Jumat (15/1/2021).

Kegiatan gotong royong dikomandoi langsung Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.Si, Dandim 0318 Natuna, Letkol Asep Ridwan, Danyon Komposit, Letkol Inf Rahmat S.E, Dansatrad Mayor, Panca Prawira, Kepala Dinas Pariwisata, Hardinansyah dan Camat Bunguran Selatan, Faisal.

Kapolres Natuna mengucapkan terimakasih kepada Personil TNI-Polri , instansi terkait, Ikatan Bunguran Selatan (IKBS), Genpi, Rapala Natuna, Pemuda Pancasila, KNPI, Mapala STAI Natuna beserta masyarakat Desa Cemaga yang turut hadir dalam melaksankan kegiatan gotong royong ini.

“Gotong royong yang dilakukan secara spontan bersama- sama seperti beberapa hari yang lalu yaitu membuat tanggul dengan karung yang berisikan pasir dan diletakkan di sepanjang bibir Pantai Batu Kasah,” ungkap Kapolres Natuna.

Kapolres juga menambahkan kegiatan juga dilaksanakan sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan serta melaksanakan kegiatan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab.

Kapolres Natuna juga menghimbau kepada warga Kabupaten Natuna agar selalu untuk tetap waspada mengantisipasi bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa.

“Pada dasarnya kita semua tidak ingin bencana tersebut terjadi namun yang terpenting kita harus waspada serta menjaga lingkungan yang kita cintai ini,” pesan Kapolres.

Sementara itu Camat Bunguran Selatan Faisal didampingi Kepala Desa Cemaga Tengah Zaidan, memguncapkan terimakasih dan apresiasi yang sebesar- besarnya kepada Polri dan TNI, Instansi terkait, Ormas, OKP dan Mahasiswa serta masyarakat yang cepat tanggap membatu berupa Goro bersama dalam mencegah abrasi pantai di wilayah Bunguran Selatan yang cukup rentan terdpak abrasi.

“Kami berharap kepada pemerintah daerah dan pusat untuk dapat membagun penangulagan abrasi pada sejumlah titik diwilayah bunguran selatan ini,” harap Faisal. (ram)

SHARE