Iringan Mobil dan Pengawalan Ketat Antar Terpidana, Kajari Natuna Berpesan Baik-baiklah Nanti di Lapas

Isupublik.com, – Natuna – Dengan menggunakan satu mobil tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna dan satu mobil Dalmas Satpol PP dengan pengawalan ketat, tepat pukul 22.30 WIB, 30 terpidana dibawa menuju Pelabuhan Selat Lampa, Senin (14/6/2021) malam.

Kepala Kajaksaan Negeri (Kajari) Natuna, Imam MS Sidabutar, SH., MH tampak melapas rombongan di halaman Kejari Natuna, kepada para terpidana Imam berpesan, supaya selalu berbuat baik dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Malam ini kalian akan dikirim, baik-baiklah nanti di Lapas,” ucapnya singkat.

Setelah melewati perjalanan sekitar 1 jam, iring-iringan mobil terpidana dengan pengawalan patwal Polres Natuna dan beberapa mobil dari Kejari Natuna tiba di Palabuhan Selat Lampa.

Sesaat setelah KM Bukit Raya bersandar dipelabuhan Selat Lampa, beberapa petugas pengawalan yang terdiri dari 4 orang anggota Polres Natuna dan 4 orang dari Kejari Natuna beserta beberapa tim pengawalan Intelijen Kejari Natuna membawa para terpidana naik ke atas kapal dan didampingi langsung oleh Kasi Pidum Kejari Natuna, Rezi Dharmawan, SH serta Kasi Intelijen Kejari Natuna, M Albar Hanafi, SH.

Para terpidana ditempatkan di salah satu dek kapal bagian bawah, kondisi dek tidak jauh berbeda dari dek lainya, namun dek tempat terpidana ini ditempatkan, hanya memiliki satu pintu akses masuk dan keluar.

“Hal ini sengaja dilakukan untuk mempermudah kontrol para tahanan, sehingga keamanan dan kenyamanan penumpang lain juga tetap terjaga” pungkas Kasi Pidum Rezi Dharmawan sesaat setelah memberikan arahan kepada para terpidana diatas KM Bukit Raya.

Suasana pertemuan antara Kasi Pidum Kejari Natuna, Rezi Dharmawan, SH serta Kasi Intelijen Kejari Natuna, M Albar Hanafi, SH dengan Capt Stephanus Djarot Setyawibawa.

Sementara itu Kasi Intel, M Albar berpesan, kepada para petugas pengawalan, untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan selama dalam perejalanan menuju Tanjungpinang. Tetap waspada dan jalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Perhatikan juga para terpidana, pastikan mereka patuhi protokol kesehatan,” pinta Kasi Intelejen yang pernah bertugas di Jambi ini.

Setelah dipastikan kondisi terpidana aman, Kasi Pidum Kejari Natuna dan Kasi Intel Kejari Natuna menuju suatu ruangan yang ada di KM Bukit Raya dan terlihat melakukan koordinasi dengan Nakhoda, Capt Stephanus Djarot Setyawibawa dan Kepada Nakhoda KM Bukit Raya.

Dalam pertemuan tersebut, Rezi Dharmawan kembali melaporkan bahwa saat ini terpidana sudah berada di salah satu dek dan meminta dukungan kepada pihak KM Bukit Raya untuk dapat mengantarkan para Narapidana sampai di Pelabuhan Batu Ampar Batam dengan aman.

Menanggapi hal tersebut, Capt Sthepanus menyatakan siap membantu dengan melibatkan keamanan kapal, untuk memberikan kenyamanan bagi patugas pengawalan nakhoda juga menyiapkan kamar bagi petugas beristirahat.

“Kami siapkan tempat, supaya dapat beristirahat secara bergantian, dan demi keamanan senjata yang mereka bawa,” ucap Capt Sthepanus.

Setelah diberangkatkan dari Pelabuhan Selat Lampa, perjalanan ke Batam akan menempuh waktu selama 2 hari, begitu tiba di Batam perjalanan dilanjutkan menuju Tanjungpinang menggunakan kapal penyebrangan Ferry untuk selanjutnya menuju Lapas Kelas II Tanjungpinang dan Rudenim Tanjungpinang. (DR)

SHARE