Kapolres Natuna Beberkan Modus Akun Medsos Sebarkan Hoax Covid dan Vaksin

Isupublik.com, – Natuna – Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian menegaskan, pihaknya sudah mulai melakukan pemantauan terhadap beberapa akun di media sosial yang disinyalir telah menyebarkan informasi hoax tentang Covid-19 dan Vaksin.

“Kita masih melakukan penyelidikan, kalau gak salah ada inisialnya, sampai sejauh ini kita masih melakukan profiling dulu,” ucapnya saat melakukan pemantauan vaksinasi di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Rabu (16/6/2021).

Kapolres juga menjelaskan, berdasarkan hasil penyelidikan. Kebanyakan akun penyebar hoax tersebut diduga menggunakan akun anonim atau akun fake (palsu).

Hal tersebut dapat dilihat dari modus yang dilakukan pelaku. Misalnya akunnya baru dibuat, pertemanannya juga masih sedikit, terkadang diantara akun tersebut hanya aktif saat membuat postingan yang provokasi setelah itu tidak aktif lagi.

“Saat mereka mau memposting lagi, mereka pakai akun baru lagi, terus menerus seperti itu,” terang Kapolres.

Selain terus melakukan penyelidikan, Kapolres juga mengatakan, pihaknya akan menyurati Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna untuk mentake down akun-akun fake tersebut.

Menyikapi maraknya informasi hoax tersebut, Kapolres berpesan kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi kalimat atau postingan dari para pelaku, dan mempersilahkan masyarakat melaporkan apabila menemukan postingan yang bernada provokasi dan hoax kepada pihak keplisian. (DR)

SHARE