Komisi I DPRD Natuna Dukung Rencana Dispora Ajukan Ranperda Penyelenggaraan Olahraga

Isupublik.com, – Natuna – Ketua I DPRD Natuna, Wan Arismunandar, mendukung upaya Dispora Kabupaten Natuna membuat Perda Penyelenggaraan Olahraga, menurutnya sudah sepantasnya bidang olah raga mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.

“Tidak jarang event olahraga juga yang dipertaruhkan adalah prestasi dan prestise, makanya semua perlu kita siapkan baik-baik,” ungkap Wan Aris saat dijumpai di Ruang Kerjanya beberapa waktu lalu.

Namun Wan Aris mengingatkan semua membutuhkan proses, termasuk setelah Ranperda tersebut masuk kepihak DPRD Natuna, akan dibahas sebelum nantinya disahkan menjadi Perda.

“Tahapan pembahasan dan evaluasi tetap akan kita jalankan, kita bandingkan dengan peraturan diatasnya, supaya tidak bertentangan,” ujar Politisi Nasdem ini.

Wan Aris berharap, dunia olah raga di Natuna semakin maju dan berkembang lebih baik lagi kedepan.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Natuna, H. Pang Ali

Sementara itu Wakil Ketua Komisi I DPRD Natuna, Pang Ali menyampaikan perlu dibuat sebuah rencana besar yang terstruktur dalam pembinaan olahraga di Natuna, sehingga potensi-potensi atlit dapat dipupuk sejak dini.

“Kompetisipun harus dibuat berjenjang dari tingkat desa, kecamatan sampai ke kabupaten, hal ini perlu dilakukan untuk mencari bibit unggul atlit yang nantinya akan dibina ditingkat Kabupaten,” ungkap anggota dewan mantan pendidik ini.

Menurut Pang Ali, hal ini perlu dilakukan sehingga disaat akan ada kompetisi tingkat provinsi, sampai ke tingkat nasional tidak susah lagi mencari atlit yang akan dikirim.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Natuna, Benny Suparta mengatakan, untuk menunjang kelangsungan pembangunan bidang olahraga pihaknya sudah menyusun Ranperda Penyelenggaraan Olahraga.

“Drafnya ranperda dan kajian akademisnya sudah kami sampaikan ke Bagian Hukum Setda Kabupaten Natuna, beberapa minggu lalu,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Natuna, Benny Suparta (kiri)

Benny menyampaikan, penyusunan Ranperda ini dilakukan sebagai upaya pembenahan organisasi, dan pembinaan olahraga di Kabupaten Natuna.

“Mudah-mudahan paling tidak April atau Mei sudah mulai dibahas di DPRD Natuna,” ujar Benny.

Keberadaan Perda sebagai payung hukum penyelenggaraan olahraga, dengan harapan ada payung hukum yang kuat dan komitmen daerah untuk mendukung pembangunan olahraga.

“Ada jaminan, termasuk didalamnya kami mencoba memasukan 1 persen APBD itu buat bidang olahraga,” ujarnya.

Benny mengakui pembinaan olahraga akan memerlukan biaya yang besar, karena dalam olahraga yang dibangun adalah SDM dan perlu proses.

“Hasilnya tidak kita rasakan secara instan, prosesnya berjenjang bisa saja manfaatnya kita rasakan tiga atau empat tahun kedepan,” tukas Kadis yang juga Ketua IPSI Natuna ini. (ram)

SHARE