LSM-LBM Lingga Ingatkan Pemerintah Tidak Pindahkan CPNS sebelum 10 Tahun

ISU PUBLIK. COM, LINGGA – Pjs Sekda Lingga Samsudi menyerahkan 125 Surat Keterangan (SK) kepada CPNS tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Lingga pada Selasa 5 Januari 2021. SK tersebut diserahkan secara simbolis kepada dua orang CPNS Kabupaten Lingga.

Hairul Anwar, S.Sos Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Bunda Melayu Kabupaten Lingga Hairul Anwar S.Sos mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Lingga untuk tidak mengizinkan atau memindahkan CPNS dengan alasan apa pun paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak terhitung mulai tanggal SK PNS diberikan.

Hal ini didasarkan pada informasi yang diterima oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Bunda Melayu Kabupaten Lingga diduga ada CPNS yang pindah instansi sebelum masa 10 (sepuluh) tahun.

Jika merujuk pada ketentuan yang mengatur mengenai CPNS pada setiap tahunnya, diharuskan kepada CPNS Pelamar wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi yang bersangkutan saat pendaftaran dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun paling singkat selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS.

“Kita kan pelajari norma-norma yang ada pada setiap peraturan yang di keluarkan, semisalkan Permenpan 23 tahun 2019 itu secara dijelas dibunyikan tidak boleh mengajukan pindah apa lagi dipindahkan. Bahkan secara tegas normanya mengatur peserta seleksi sudah dinyatakan lulus oleh PPK tetap mengajukan pindah yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri”, kata Hairul Anwar, Sos kepada isupublik.com, Rabu (6/1/2021).

Hairul menambahkan, jika nanti terbukti ada CPNS yang pindah atau dipindahkan pada instansi yang berbeda saat medaftar maka Lembaga Swadaya Masyarakat Laskar Bunda Melayu Kabupaten Lingga akan menyurati Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Mendagri.

“LBM akan surati Menpan dan Mendagri bila dalam pelaksanaannya ditemukan tidak sesuai dengan aturan. Sebab secara filosofis, formasi yang dibuka mengisi kekurangan pada instansi daerah”, tutupnya. (IWAN)

SHARE