Rakor Bahas PPDB, Komisi IV Minta Disdik untuk Akomodasi Peserta Didik Jalur Afirmasi

Isupublik.com, Batam – Komisi IV DPRD Kota Batam gelar Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Kamis (3/6/21).

Para anggota dewan yang dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ides Madri, pada kesempatan itu meminta Disdik Kota Batam selaku penyelenggara PPDB untuk mengakomodasi peserta didik dari jalur afirmasi.

“Kami menekankan agar peserta jalur afirmasi ini bisa diterima semua. Jangan sampai mereka tidak diterima atau digeser ke sekolah lain. Percuma saja kita bantu kalau orangtua wali murid masih mengeluarkan biaya tambahan seperti ongkos ojek dan lainnya,” ujar Ides Madri dalam rapat tersebut.

Di samping itu, pihaknya juga mengimbau kepada orangtua peserta didik yang tergolong mampu agar dapat mempertimbangkan untuk memasukkan anaknya ke sekolah swasta. Sebab, kemampuan daya tampung sekolah negeri terbatas dan tidak dapat menampung semua peserta didik.

Hal serupa pula disampaikan oleh Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Aman. Ia menekankan agar penyelenggara PPDB dan pihak sekolah dapat memprioritaskan peserta didik jalur afirmasi untuk dapat diterima seluruhnya.

“Kalau bisa anak yang mengambil jalur afirmasi ini diterima semua. Kalau tidak ke mana mereka akan bersekolah? Pemerintah kan juga mempunyai kewajiban menyukseskan program pendidikan 9 tahun,” tambah Aman.

Sebagaimana diketahui, proporsi jalur masuk PPDB untuk tingkat SD dibagi menjadi 80 persen jalur zonasi, 15 persen jalur afirmasi, dan 5 persen jalur perpindahan kerja orangtua. Sedangkan untuk SMP, proporsi jalur zonasi sebanyak 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan 5 persen, dan jalur prestasi 30 persen. (KD)