Resahkan Masyarakat Kapolres Akan Tindak Penyebar Hoax Covid dan Vaksin di Media Sosial

Isupublik.com, – Natuna – Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian prihatin dengan maraknya informasi hoax tentang Covid-19 dan vaksin yang akhir-akhir ini beredar di media sosial dan meresahkan masyarakat Natuna.

Hal ini disampaikan Kapolres Natuna saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Dengar Pendapat (RDP) antara DPRD Natuna dengan sejumlah pedagang dan pengusaha di Gedung DPRD Natuna, Selasa (15/6/2021)

Usai mengikuti RDP Kapolres Natuna menyampaikan kepada para awak media, bahwa saat mengikuti RDP, dirinya menerima masukan terkait adanya penyebaran berita hoak di media sosial.

Ike menegaskan akan menindaklanjuti temuan tersebut, Unit Reskrim Polres Natuna akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa yang terduga atau pelaku yang membuat serta menyebar luaskan informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Pemberitaan yang dibuat provokator terkait vaksin akan kami telusuri karena ini akan menimbulkan kegaduhan, oleh karena itu kami menghimbau agar kita semua bijak bermedia sosial,” ucapnya.

Saat Ia ditanyakan terkait sanksi apa yang akan diterima pelaku, apabila nantinya ditemukan pelaku penyebar hoak dan terbukti bersalah.

Kapolres Natuna menjelaskan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu melihat konteks pemberitaan atau informasi yang diposting oleh pelaku di media sosial.

“Kita akan mengkonsultasikan kepada ahli bahasa, apakah perbuatannya tersebut masuk ke dalam pelanggaran Undang-undang ITE. Apabila masuk maka akan ditingkatkan ke tahap penyidikan,” terangnya.

Kapolres Natuna juga berpesan kepada masyarakat, agar lebih sering bertabayun atau mengkroscek kebenaran dari sebuah informasi yang diterima dan jangan langsung menyebarluaskan apabila berita tersebut belum terverifikasi kebenarannya.

“Sebelum menyebarluaskan informasi ataupun berita yang sifatnya terdapat potensi memecah belah. Agar terlebih dahulu memastikan kebenarannya,” pungkasnya. (DR)

SHARE